Selasa, 30 April 2024

Strategi Pemasaran 7P dan Keuntungan Menggunakannya

hallo gaes kembali lagi di blog Adindadnr kali ini saya akan mengajak anda untuk mengenali strategi pemasaran 7p dan keuntungan menngunakannya.

Strategi pemasaran 7P adalah suatu konsep strategi pemasaran yang dikembangkan oleh Oxford College of Marketing yang berisi tujuh elemen penting dalam merancang strategi pemasaran.

Pada strategi marketing mix, faktor atau elemen pemasaran yang harus diperhatikan adalah elemen 7P. Elemen 7P ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis serta memenangkan persaingan pasar. Apa saja kah elemen 7P itu? Simak pemaparan berikut

1. Product (Produk)

Produk adalah segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan perusahaan kepada target pasarnya untuk memenuhi kebutuhan. Kesuksesan menjalankan strategi bauran pemasaran sangat ditentukan dari bagaimana perusahaan bisa membuat produk yang berharga. Ada dua unsur di dalam produk yang perlu Anda perhatikan, yaitu kualitas dan visual.

2. Price (Harga)

Elemen strategi pemasaran 7P yang kedua adalah price atau harga. Elemen price berkaitan dengan penentuan harga produk yang dipasarkan. Pada konteks pemasaran, pengusaha harus bisa meyakinkan calon konsumen bahwa harga sepadan dengan manfaat dan kualitas dari produk yang ditawarkan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh pengusaha dalam strategi pemasaran price, termasuk penentuan daftar harga hingga diskon atau potongan harga.

3. Place (Tempat)

Elemen strategi pemasaran 7P yang ketiga adalah place atau tempat. Elemen strategi pemasaran tempat menekankan pada lokasi atau saluran distribusi produk yang dipasarkan. Contoh dari elemen tempat adalah banyaknya cabang suatu merek burger cepat saji di seluruh dunia. Hampir setiap negara di dunia memiliki waralaba merek ini atau mengetahuinya. Setiap negara juga memiliki menu yang unik dengan jaminan standar makanan yang lezat, disajikan dengan cepat, dengan harga murah.

4. Promotion (Promosi)

Elemen strategi pemasaran 7P yang keempat adalah promotion atau promosi. Elemen strategi pemasaran promosi menekankan pada upaya-upaya promosi yang bertujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Promosi dalam strategi pemasaran 7P harus bisa menarik minat calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada penerapan strategi pemasaran promosi yaitu media promosi, pesan kampanye (key message), budget, target penjualan, dan sebagainya.

5. People (Orang)

Elemen strategi pemasaran 7P yang kelima adalah people atau orang. Faktor SDM memainkan peranan penting terhadap strategi marketing mix 7P yang dijalankan, sebab menentukan kemajuan dan kemunduran dalam suatu perusahaan. Maka tidak heran bahwa perusahaan berusaha untuk mendapatkan karyawan berkualitas dan mampu bekerja dengan baik agar bisnis Karyawan-karyawan yang dimiliki perusahaan harus memiliki performance yang baik, loyal terhadap perusahaan, dan mampu melayani konsumen. Untuk bisnis jasa, attitude karyawan juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Lalu, yang tak kalah penting adalah seberapa besar motivasi karyawan untuk bekerja di perusahaan.

6. Process (Proses)

Elemen strategi pemasaran 7P yang keenam adalah process atau proses. Proses adalah bagaimana perusahaan melayani permintaan, mulai dari konsumen memesan produk sampai mendapatkan barang tersebut. Perusahaan harus menciptakan proses yang efisien agar mampu memuaskan pelanggan. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda memahami bagaimana proses pelanggan mendapatkan produk Anda agar Anda bisa mempertimbangkan proses customer experience yang menyenangkan.

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Elemen strategi pemasaran 7P yang ketujuh adalah physical evidence atau bukti fisik. Konsep physical evidence adalah bagaimana Anda menyajikan produk ke pasaran. Contoh dari elemen bukti fisik adalah suatu merek minuman ternama didirikan khusus untuk membuat kopi dan minuman nonkopi berkualitas baik yang dapat diakses oleh siapapun. Merek tersebut sangat terfokus pada produk dan kualitas produknya yang diberikan kepada pelanggan


 Keuntungan Menggunakan strategi pemasaran 7p 

1.Konsep yang dirangkum bersamaan dengan cara yang lebih sederhana sehingga memudahkan pebisnis dalam melakukan marketing.

2.Membantu pebisnis dalam proses formulasi hingga implementasi sebuah strategi marketing.

3.Membantu perusahaan untuk melakukan berbagai cara marketing sesuai kebutuhan konsumen, kondisi pasar, dan sumber daya yang dimiliki.


see u di blog selanjutnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Melindungi Bisnis Online Anda dari Ancaman Cyber

Sistem Keamanan E-commerce: Melindungi Bisnis Online Anda dari Ancaman Cyber Dalam blog kali ini, kita akan membahas tentang pentingnya sist...